Sabtu, 03 November 2018

Apakah Kita Mempunyai Mental Penjarah Itu?

Ketika masyarakat mempunyai pendidikan moral dan kehidupan ekonomi (keuangan) yang rendah, apa yang diperbuatnya untuk bertahan hidup?
Sewa Rental Honda Mobilio di Surabaya ini tidak bermaksud merendahkan mereka yang mempunyai keadaan ekonomi pas-pasan, namun hanya menjadikan sebagian anggota masyarakat yang 'bermoral rendah' ini sebagai inspirasi untuk kita sendiri dalam melangkah ke depan.
Dan tentu saja, banyak orang dengan ekonomi pas-pasan masih bisa menjaga 'moral' dan kebijaksanaannya dengan baik. Meski bagaimanapun, hidup dengan terus dilanda kekurangan itu tidak enak.

Ilustrasi pencuri yang mengintip rumah korban. Sumber: Pixabay/lechenie-narkomanii


Menjadikan orang lain sebagai cermin untuk kita sendiri rasanya bukan sesuatu yang negatif; siapa tahu di lain waktu kita juga bisa menolong mereka. Bahkan selama ini Rental Sewa Mobil Livina di Surabaya pun terbuka untuk berbagai lapisan masyarakat yang ingin bekerja jika di tempat kami saat ada lowongan yang belum terisi.
Lagipula, tidak semua warga dengan 'ekonomi pas-pasan' (menengah ke bawah) mempunyai moral yang buruk. Cukup banyak juga warga bijak yang dengan segala keterbatasannya juga mampu mendapat hikmah dari banyak hal yang bisa menuntunnya menjalani hidup sehari-hari. Selain itu, malah mereka yang mempunyai status lebih tinggi juga melakukan korupsi (pencurian yang berkaitan dengan keuangan) atau beberapa tindakan yang menimbulkan kerugian pihak lain beserta rentetan imbasnya. Setidaknya Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya beberapa kali mendapati berita atau artikel di internet terkait vandalisme, pencurian atau kegiatan negatif lainnya.

Dan pencurian ini tidak hanya menimpa orang atau pihak yang 'baik-baik saja', dengan kata lain hidup lurus, bekerja dan tidak tertimpa kemalangan. Tetapi ada pihak yang mengalami kerugian pun masih ada orang yang tega menambah panjang daftar kerugian yang diderita. Seperti misalnya penjarahan yang terjadi saat ada kecelakaan truk bermuatan: http://bonsaibiker.com/2018/04/05/warga-jarah-minyak-dari-tronton-yang-tabrakan-vs-bus-di-tol-ngawi/. Di kasus lain, Rental Sewa Mobil Innova di Surabaya mengapresiasi petugas polisi yang sempat menyelamatkan muatan dari serbuan warga: http://www.otosia.com/berita/polisi-ini-selamatkan-muatan-truk-dari-jarahan-ibu-ibu.html. Tindakan pencurian itu sendiri adalah kriminal, namun bagaimana jika segerombolan orang yang menjarah; apakah segerombolan orang tadi bakal ditahan sebagai sanksi? Kemungkinan di sini pendidikan moral yang didapat saat kecil hingga dewasa terpaksa dikesampingkan demi mementingkan urusan perut.

Beberapa waktu terakhir ini, seluruh Indonesia juga merasa miris disebabkan adanya pencurian/penjarahan di lokasi bencana gempa bumi Palu. Banyak yang menduga hal ini dipicu oleh instruksi Mendagri soal koordinasi kepada Pemda untuk membeli makanan dan dibagikan kepada masyarakat korban bencana, hanya kemudian salah tanggap disebabkan instruksinya bocor ke masyarakat atau ada yang tidak paham bagaimana sebenarnya harus dilaksanakan: https://www.bbc.com/indonesia/trensosial-45706329. Dari laman tadi Sewa Rental Pickup Grand Max di Surabaya juga merasa miris dobel, karena hal ini pun terjadi di negara lain yang pernah tertimpa musibah. Jika penjarahan itu lebih ke kebutuhan pokok seperti makanan, mungkin didasari oleh keinginan bertahan hidup. Namun yang disayangkan adalah penjarahan yang merambah barang lain seperti televisi dan lain sebagainya. Sebetulnya penjarahan sendiri adalah kriminalitas dan setiap hal yang bersifat kriminal atau kejahatan harus ditindak. Bagaimana korban gempa bumi malah membuat kerugian orang lain dari tindakan pencurian tersebut? Bagaimana bila seandainya pelaku berada dalam posisi korban pencurian?
Dari tautan lain, Rental Sewa Mobil Perhari di Surabaya juga mengetahui pihak kepolisian sempat mengamankan kepala desa yang mengerahkan massa untuk melakukan penjarahan.

Selain itu kita mungkin juga menemukan banyak kasus serupa lain, tetapi Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya merasa yang berikut ini diluar dugaan: http://jateng.tribunnews.com/2018/06/29/truk-angkut-bir-terguling-netizen-geram-muatan-dijarah. Ketika sebagian dari masyarakat 'diharamkan' untuk mengkonsumsi alkohol, mengapa hingga ada penjarahan besar-besaran terhadap minuman beralkohol? Atau disebabkan mumpung gratis itu mungkin ya?
Dan banyak diantara kita yang mungkin diperingatkan oleh seseorang supaya tidak mengenakan perhiasan berlebihan saat bepergian di jalan; tetapi semakin kesini kita melihat ada banyak modus yang dilakukan seperti contoh berikut yang viral beberapa waktu terakhir. Rental Sewa Mobil Per-12 Jam di Surabaya sempat menemui di media sosial adanya modus yang dilakukan oleh satu keluarga yang bertamu secara rombongan meski saat ini telah dihapus.

Jika kita paham mereka yang berbuat jahat cenderung 'liar', seperti kawanan motor (belakangan diketahui pelakunya adalah Geng Jepang) yang menjarah toko pada tautan berikut ini:


lantas istilah apakah untuk mereka yang terlihat 'lebih beradab' tadi. Namun seperti awal tulisan ini, semoga hal-hal demikian dijauhkan dari kita semua. Yang lebih penting mungkin adalah berusaha mempermudah kehidupan orang lain ketimbang mempersulitnya. Tetap berlaku baik dimanapun dan kapanpun. Salam Sewa Mobil Surabaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar