Kamis, 16 Maret 2017

Dimensi Mobil dan Berkendara

Setiap mobil mempunyai dimensi (jarak ukuran) panjang-lebar-dan tinggi karena mobil adalah benda riil yang merupakan alat transportasi. Bahkan dari sebuah referensi, Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya mendapati jenis mobil yang hanya mempunyai seorang penumpang pun mempunyai dimensi yang lebih lebar dari sebuah motor. Karena jika sebuah kendaraan disebut mobil maka biasanya akan ada pintu dan ruang kabin untuk pengendara. Ruang kemudi pun berbeda dengan motor dari segi dashboard atau letak pedal rem juga gas.

Ukuran mobil sangat berpengaruh pada lebar jalan. Banyak pabrikan otomotif dewasa ini membuat mobil mini untuk mengakomodasi padatnya kota. sumber: commons.wikimedia.org/Australian cowboy

Dari slide yang menggambarkan birdview (pandangan angkasa) pada laman situs ini:

kita bisa melihat bagaimana kendaraan umum mempunyai dimensi yang sangat menyita badan jalan yang sempit dibandingkan mobil atau bahkan motor. Namun Rental Sewa Mobil Innova di Surabaya bisa mengatakan kondisi ini relatif. Jika kita melihat bus tersebut dalam keadaan penuh (lebih dari 70 orang pastinya), agaknya cukup bisa dibandingkan efektivitasnya dengan motor yang memuat 70 orang. Setiap sepeda motor dirancang untuk dinaiki 2 orang, sedangkan jika diukur seksama maka 70 orang tersebut akan membutuhkan sekitar 35 sepeda motor. Dimensi sepeda motor ini jika ditotal tentunya akan melebihi dimensi bus tadi, disamping jarak antar motor tersebut juga mesti dihitung karena kita menyetujui jika berkendara yang aman tentu harus menjaga jarak pula.

Tentunya perhitungan ini juga yang dicermati oleh pihak-pihak yang terlibat dalam tata kelola lalu-lintas darat untuk menyediakan jenis transportasi yang efektif dan nyaman bagi penumpang dan warga sebuah kota. Namun tak dapat dipungkiri bahwa sebuah armada yang besar dan panjang membutuhkan jarak yang lebih banyak jika berpindah haluan (atau radius putar) dibandingkan sebuah motor. Selain itu dari segi bobot kendaraan juga diperhitungkan, karena bobot yang cukup dari kendaraan juga berpengaruh pada daya tampungnya. Tentunya sifat ini juga turut diperhitungkan ketika membangun fasilitas umum seperti jalan atau halte.

Sewa Rental Mobil Pregio di Surabaya melihat kemungkinan sepeda motor yang bisa menyelip di antara ruang-ruang kosong kendaraan yang ilustrasinya bisa dilihat pada laman berikut: http://saft7.com/indahnya-saling-berbagi-di-jalan/. Bodi sepeda motor yang kecil memang memungkinkan pengendaranya untuk bermanuver di jalan, bahkan masuk ke gang-gang sempit. Tetapi pengemudi sepeda motor yang susah ditebak karena pergerakan tiba-tibanya mungkin akan menyulitkan pengendara lain termasuk Rental Sewa Mobil Honda Mobilio di Surabaya. Namun berharap semuanya ideal juga tidak mungkin, setidaknya untuk saat ini; karena itu, satu-satunya jalan mungkin hanyalah beradaptasi dengan kondisi saat ini saja. Kondisi lingkungan yang buruk mungkin akan melatih kita untuk berkendara lebih baik lagi dan kita pun akan lebih santai bila kondisi sekitar dan kesadaran masyarakat telah membaik. Sebaliknya, orang yang tadinya terbiasa berkendara di lalin yang teratur mungkin akan kaget dan mudah stres jika berhadapan dengan trafik yang kacau.

Banyak mobil tidak sesuai untuk mereka yang berbobot tubuh lebih, meski body mobil cukup lebar. Karena itu, banyak penjual mobil online harus bisa diajak ketemuan di tempat untuk mencobanya. sumber: commons.wikimedia.org/Fjvelsen
Kembali lagi soal dimensi mobil dan kendaraan lain, Sewa Rental Mobil Livina di Surabaya menemukan satu tautan berikut: http://www.merdeka.com/otomotif/kenali-dimensi-mobil-sebelum-mengendarainya.html. Dalam artikel berita tersebut, kita diharuskan mengelilingi mobil sebagai langkah 'pengenalan' pada mobil yang akan kita tunggangi. Hal ini akan membuat gambaran akan keseluruhan bodi mobil saat kita mengendarainya. Karena pengemudi yang 'normal' umumnya akan bisa mengira bagaimana 'handling' mobil tersebut dari bekal 'feeling' yang dimiliki. Kecuali pengemudinya tiap hari mengendarai mobil yang berbeda dan tidak sadar atau lupa saat di jalan bahwa dia sekarang mengendarai mobil apa. Tetapi, semoga yang dipaparkan Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya terakhir ini adalah kemungkinan yang sangat jarang terjadi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar