Selasa, 08 Desember 2015

Global Peace Index dan Imbasnya

Sewa mobil surabaya Global Peace index adalah skala global dari negara-negara di dunia untuk memetakan gradien wilayah paling aman hingga wilayah paling berkonflik. Jika kita melihat url berikut ini: https://en.wikipedia.org/wiki/Global_Peace_Index, kita bisa tahu secara sepintas dengan melihat grafis (warna indikator) bahwa di tahun 2014 Negara Indonesia masih tergolong aman karena dilabel warna teal (hijau kebiruan) pucat. Sedangkan warna negara-negara yang beresiko tadi dilabel chili red (merah cabe), dimana kita masih sering menjumpai konflik (bersenjata) di kawasan tersebut.

Global Peace Index. image: commons.wikimedia.org/Spesh531


Apa pengaruhnya jika kita melihat Global Peace Index ini?
Indeks ini dikeluarkan oleh The Institute for Economics, yang penilaiannya berasal dari banyak hal; meliputi: konflik internal dan eksternal, aktivitas teroris, stabilitas politik, kriminal, kejahatan, relasi dengan negara tetangga, bunuh diri, demonstrasi, perbandingan antara publik dan napi dalam penjara, dan lain-lain. Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya melihat ini sebagai tatanan global yang sedikit banyak berpengaruh di dalam negeri Indonesia. Apalagi bila negara-negara yang baik aman atau berkonflik tersebut mempunyai hubungan dengan Indonesia. Karena ada beberapa hal yang bisa terjadi seperti efek domino. Sewa Rental Mobil Innova di Surabaya pun tak sekali-dua kali mendapat tamu orang asing yang sedang berkepentingan di Surabaya atau Jawa Timur. Jika asal tamu tersebut dari negara-negara yang relatif damai, maka dalam pengantarannya pun bisa seperti tanpa beban dan rasa was-was. Betul?

Berbeda dengan kenyataan di luar, Rental Sewa Mobil Livina di Surabaya berpendapat bahwa Indonesia perlu membuat indeks seperti ini untuk ditunjukkan kepada publik. Jika indeks internasional tadi disusun per-negara untuk indikatornya, maka indeks dalam negeri bisa disusun per-provinsi. Siapakah yang menerbitkan? Bisa saja BPS. Misalnya saja pada website BPS kita bisa melihat data tentang "Persentase Penyelesaian Tindak Pidana Menurut Kepolisian Daerah, 2000-2013" yang dapat kita akses pada tautan url: http://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1575
Tak ada yang salah dalam data tersebut. Tapi tentunya kita akan membutuhkan sedikit waktu untuk mencermati angka-angka dengan detil. Jika kita melihat penyajian data dari Indeks Global tersebut yang penuh warna, orang akan mudah melihat secara sekilas saja karena mudah dicerna. Memang data yang disajikan tidak detil, tapi cukup representatif dan penting. Lagipula, data yang tampil dalam bentuk warna tersebut adalah gambaran general dari berbagai macam aspek.

Oke, kita tinggalkan pemikiran tentang penyajian data tersebut. Hanya, tolok ukur yang disajikan dari sebuah data seperti indeks tersebut bisa penting terhadap kemajuan industri serta hal yang berkaitan dengannya. Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya membayangkan jika negara kita termasuk yang memiliki label merah menurut indeks tersebut, mungkin akan menyulitkan sebuah usaha untuk berkembang bahkan akan membuat takut pengusaha yang akan berinvestasi. Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya pun agaknya lebih bersyukur tinggal di kawasan yang relatif damai dengan sedikit gejolak seperti di Kota Surabaya karena mengantarkan tamu pun menjadi hal yang mudah dan bila pun ada sedikit masalah, hal itu tidak berkembang menjadi serius.

Sebagai contoh bila ada kebakaran pasar dekat dengan rute yang dilalui. Tentu sebagai rental mobil yang baik Rental Sewa Mobil Pregio di Surabaya akan mengantarkan tamunya melewati jalan lain yang berdekatan, menghindari debu dan asap dari kebakaran pasar tersebut. Lagipula di suatu wilayah yang terjadi kebakaran sangat mungkin dijumpai gerombolan orang yang melihat di kejauhan atau malah bergotong-royong membantu mengguyur air atau pasir demi memadamkan api. Di tempat tersebut diprediksi akan lewat mobil pemadam kebakaran yang cukup besar. Nah, jika kita tetap bersikukuh lewat lokasi kebakaran ini kemungkinannya akan merepotkan sebagian besar orang dalam memadamkan api tadi. Apalagi jika kebakaran tersebut ternyata ditimbulkan oleh bahan peledak atau bom.

Ilustrasi kebakaran pasar. image: rmol.co

Semoga kedamaian di negara kita akan terus terjaga, begitu pula di negara lain. Karena imbasnya akan bisa terasa secara langsung maupun tidak. Tak cepat berlalu dari ingatan kita akan masuknya para pengungsi dari negara berkonflik beberapa waktu lalu. Karena Sewa Mobil Honda Mobilio di Surabaya dan kita semua menyadari, bahwa untuk berkembang dan berusaha yang baik membutuhkan perdamaian dan stabilitas kawasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar