Jumat, 08 April 2016

Penemuan Yang Memicu Penemuan Baru

Kata "Penemuan" mempunyai beberapa makna, dimana Sewa Mobil di Surabaya mengutip dari halaman berikut: http://rangkumanmateriips.blogspot.co.id/2014/09/pengertian-discovery-invention-dan.html;
Yang pertama adalah Discovery: Discovery adalah penemuan unsur-unsur kebudayaan yang baru baik berupa suatu alat baru maupun ide baru. Discovery akan menjadi invention kalau masyarakat sudah mengakui, menerima, serta menerapkan penemuan baru itu. Seringkali proses discovery sampai ke invention membutuhkan tidak hanya satu pencipta, tetapi rangkaian dari beberapa pencipta.
Invention: Penemuan baru (invention) menimbulkan pengaruh yang bermacam-macam di dalam masyarakat. Suatu penemuan baru (invention) dapat menyebabkan perubahan-perubahan dalam bidang lain, seperti: politik, agama, pendidikan, kesenian, adat istiadat, dan sebagainya. Contohnya penemuan radio, TV, dan telepon.
dan yang terakhir adalah Inovasi: Inovasi adalah suatu proses pembaruan dari penggunaan sumber-sumber alam, energi, modal, pengaturan tenaga kerja, dan penggunaan teknologi, yang menyebabkan adanya sistem produksi dan produk-produk baru. Dengan demikian inovasi berkaitan dengan pembaharuan kebudayaan khususnya mengenai unsur-unsur teknologi dan ekonomi.

Bentuk mobil yang cukup revolusioner di jamannya (tahun 1934), tanpa dilengkapi kaca spion (hanya periskop),
berkecepatan maksimal 120 mp/h atau 193 km/j. sumber: commons.wikimedia.org/brewbooks-1934 Dymaxion
Amphicar, gabungan mobil dan perahu dikendarai di Hannover - Jerman pada tahun 1963.
sumber: commons.wikimedia.org/Roger Wollstadt

Selama ini, pengertian yang paling dikenal oleh masyarakat adalah invention dan sekaligus yang diangkat sebagai tema utama dari artikel ini. Invention ini adalah seperti penemuan bola lampu atau penemuan mobil berbahan uap, pesawat terbang atau helikopter dan lain-lain. Rental Sewa Mobil Pregio di Surabaya sendiri yang bergerak dibidang transportasi, amat sangat familiar dengan berbagai jenis mobil beserta mekanisasinya. Tapi mobil ini sendiri diawali oleh discovery salah satu bagiannya yakni roda. Selain itu, pada mobil generasi pertama juga menggunakan komponen logam serta kayu dan roda yang berputar pada porosnya. Secara bentuk juga tak jauh berbeda dengan kereta yang ditarik kuda.

Dalam perkembangannya, ada banyak invention pula yang menyempurnakan sebuah mobil, yakni lampu penerang, body dan kaca mobil, lampu sein (awalnya menggunakan lonceng) dan lain-lain. Sewa Rental Mobil Honda Mobilio di Surabaya sempat mengulas beberapa bagian mobil ini dalam artikel yang lain. Seperti wiper, airbag, suspensi, sabuk pengaman, dan lain-lain.

Dari bentuk awal mobil, sampai pada detik ini pun menjadi bermacam jenis. Dari MPV, SUV, sedan dan hatchback, jeep, dan lain-lain. Sedangkan dari sedan sendiri ada convertible dengan atap terbuka (atau bisa menutup) dan sedan biasa. Rental Sewa Mobil Avanza di Surabaya sendiri mempunyai jajaran mobil penumpang yang didominasi oleh MPV yang merupakan kendaraan keluarga. Dari tahun ke tahun, armada Sewa Rental Mobil di Surabaya Barat selalu diperbarui dengan tetap melihat perkembangan kendaraan favorit bagi keluarga dan sebagian besar masyarakat Indonesia.

Kembali ke sejarah penemuan tadi. Di sisi lain, usaha untuk melengkapi kebutuhan semua orang akan alat transportasi yang berbeda juga cukup pesat. Rental Sewa Mobil Innova di Surabaya sempat melihat beberapa mobil pun bisa dioperasikan di antara (bahkan tenggelam) di dalam air. Mulai dari mobil biasa yang dimodifikasi untuk anti air (bebas banjir) hingga mobil yang sejak dari awalnya memang dibuat untuk berjalan dan dioperasikan dalam air (dengan tenaga baling-baling). Seperti pada video berikut:

.

Karena kodrat manusia memang bernafas dengan oksigen bukan di air, maka faktor keamanan dalam air pun mungkin akan ditingkatkan seiring waktu. Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya juga merujuk berita lain yang bisa membuat merinding, tentang penemuan bahan kristal yang dapat menyerap oksigen dari perairan: http://mic.com/articles/100462/scientists-just-brought-us-one-step-closer-to-breathing-underwater-without-oxygen-tanks dan http://mic.com/articles/100506/scientists-have-created-crystals-that-make-breathing-under-water-a-reality. Jika penemuan serta percobaan tersebut dilanjutkan ke taraf yang lebih kompleks, maka bukan tak mungkin di masa yang akan datang kita akan menggunakan perairan sebagai "jalan raya". Hanya entah kapan hal ini akan terwujud. Mungkin ada yang lebih tahu kelanjutan berita dan perkembangannya sekarang?